Friday, June 21, 2024
Home / Rumah Tangga / 10 Resep Takjil Terbaru untuk Berbuka Puasa Lezat dan Praktis

10 Resep Takjil Terbaru untuk Berbuka Puasa Lezat dan Praktis

Selamat datang di artikel tentang 10 Resep Takjil Terbaru untuk Berbuka Puasa Lezat dan Praktis. Banyak orang yang menunggu waktu berbuka untuk menikmati hidangan takjil. Takjil merupakan makanan yang di konsumi untuk memecah puasa saat berbuka. Berikut ini adalah resep takjil terbaru yang dapat Anda coba untuk buka puasa keluarga Anda.

1. Es Dawet Nangka
Resep takjil terbaru pertama adalah Es Dawet Nangka. Anda dapat membuat takjil ini dengan bahan-bahan seperti 150 gr tepung ketan, 1 liter air kelapa, 200 ml santan kental, 3 lembar daun pandan, 1 sachet SKM, 100gr gula merah, 200gr jacfruit atau nangka. Langkah-langkah membuatnya mudah, campurkan tepung ketan dan air kelapa diatas wajan, masak hingga mengental, sambil di aduk-aduk. Jika sudah mengental, angkat dan dinginkan. Untuk membuat kuah, campurkan air, santan, daun pandan, SKM, dan gula merah lalu masak hingga mendidih. Sajikan dalam mangkok dan tambahkan es serut serta potongan nangka.

2. Es Teler Kelapa
Takjil terbaru yang cocok untuk membuat di rumah saat buka puasa adalah Es Teler Kelapa. Untuk membuatnya, Anda hanya membutuhkan 1/2 kelapa muda, 1 sachet SKM, 500 ml air, 3 sendok makan sirup coco pandan dan 100 gr nata de coco. Cara pembuatannya memasukkan ke dalam mangkuk atau gelas, setelah itu tambahkan kelapa muda, nata de coco, sirup coco pandan, serta es serut. Tambahkan pula SKM untuk rasa yang lebih nikmat.

3. Es Kelapa Pandan
Takjil terbaru ketiga adalah Es Kelapa Pandan. Anda hanya membutuhkan 500 ml air kelapa muda, 100 ml sirup coco pandan, kelapa muda sesuai selera dan es serut. Cara pembuatannya cukup mudah, pertama-tama masuk kan air kelapa muda, sirup coco pandan, es serut ke dalam mangkuk atau gelas, kemudian tambahkan potongan kelapa muda. Es Kelapa Pandan siap disajikan.

4. Bola-Bola Ketan Hitam
Takjil terbaru keempat Hidangan ini akan membuat Anda ketagihan. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah ketan hitam 300 gr, daun pandan, air matang 700 ml, coal powder coklat 1 sendok teh, kelapa parut kasar secukupnya, serta garam dan gula secukupnya. Cara membuatnya, pertama-tama cuci bersih beras ketan hitam. Kemudian masukkan ke dalam wadah dan tambahkan air secukupnya. Diamkan ketan selama satu malam. Esok harinya, bubuhkan daun pandan ke dalam ketan hitam yang sudah direndam. Lalu kukus ketan dan tiriskan. Ambil satu sendok ketan hitam, bentuk bulat-bulat. Rebus bola-bola ketan hitam dalam air matang, garam, gula, dan daun pandan selama 10-15 menit. Sajikan bola-bola ketan hitam dengan kelapa parut kasar dan coal powder coklat.

5. Cincau Hijau Kelapa Muda
Takjil terbaru kelima adalah Cincau Hijau Kelapa Muda. Anda akan membutuhkan bahan-bahan seperti 1 bungkus jelly instant hijau, 3 sendok makan SKM, 500 ml air, dan segenggam kelapa muda. Seduhlah jelly hijau dengan air panas. Kemudian tambahkan skm dan aduk hingga rata. Tambahkan kelapa muda dan siram dengan air es.

6. Dadar Gulung Keju
Takjil terbaru keenam adalah Dadar Gulung Keju. Anda membutuhkan bahan-bahan seperti tepung terigu 100 gram, air 200 ml, telur ayam 1 butir, salt 1/4 sendok teh, gula pasir 2 sendok makan, kelapa parut kasar 50 gram, keju cheddar 80 gram. Caranya, pertama-tama Siapkan bahan-bahan terlebih dahulu. Campur tepung terigu, telur, gula, dan salt. Aduk sampai tercampur rata dan tidak ada endapan. Panaskan teflon dengan sedikit minyak. Ambil adonan sedikit dengan sendok sayur dan tuang ke teflon. Panggang sebentar dan sisihkan. Ambil keju cheddar secukupnya, letakkan ke dalam dadar. Gulung dadar dan taburi kelapa parut kasar.

7. Kerak Telor
Takjil terbaru ketujuh adalah Kerak Telor. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah beras ketan putih 200 gram, kelapa parut 100 gram, telur ayam 4 butir, bawang merah 3 siung, kemiri 3 butir, cabai merah kering 3 buah, terasi bakar 1 sendok teh, and garam secukupnya. Caranya, haluskan bawang merah, cabai, dan terasi. Campurkan dengan ketan putih yang telah direndam selama 2 jam. Buat adonan kerak telor dengan mencampur telur kocok dengan kelapa yang dipanggang, aduk hingga merata. Panaskan minyak di atas teflon. Tuang adonan yang telah dicampur dengan bumbu. Taburkan kelapa pada permukaannya. Tekan-tekan hingga dadar menempel pada teflon. Bolak-balik sampai matang. Sajikan dengan bawang goreng dan sambal.

8. Es Buah
Takjil terbaru kedelapan adalah Es Buah. Bahan yang dibutuhkan hanya buah-buahan yang sesuai dengan selera. Cara membuatnya, potong buah-buahan sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Kemudian tambahkan es batu dan tambahkan sirup buah dengan selera.

9. Kolak Biji Salak
Takjil terbaru kesembilan adalah Kolak Biji Salak. Andamembutuhkan 1 buah ubi jalar, 100 gr tepung ketan putih, 1/2 sendok makan garam, 500 ml air, santan sedang 300 ml, daun pandan 1 helai, garam secukupnya, dan 200 gr gula jawa. Caranya, pertama-tama rebus gula jawa, garam, santan dan daun pandan hingga mendidih. Setelah itu, potong belah ubi jalar kecil-kecil dan kukus telur selama 20 menit. Setelah itu, campurkan tepung ketan, ubi jalar, dan 1/2 sendok teh garam, aduk rata. Goreng hingga berwarna kuning kecoklatan. Masukkan biji salak ke dalam kuah santen gula jawa dan aduk rata. Sajikan dingin.

10. Lontong Sayur Ayam
Takjil terakhir adalah Lontong Sayur Ayam. Anda akan membutuhkan bahan-bahan seperti 3 buah lontong, ayam 1 ons, bawang bombay 1/2 siung, daun bawang 1 batang, kangkung/ chinese pak choy/ bayam 5 ikat, santan 300 ml. Cara membuatnya, pertama-tama bersihkan ayam ayam dan masak hingga empuk. Setelah itu, cincang halus bawang bombay. Kemudian tumis bawang bombay hingga harum, lalu tambahkan santan yang sudah dicampur dengan air secukupnya. Tambahkan ayam dan masak hingga mendidih. Terakhir, masukkan kangkung, chinese pak choy, atau bayam dan masak hingga matang.

FAQs:

1. Apa manfaat dari mengonsumsi takjil?
Mengonsumsi takjil dapat membantu memulihkan kadar gula darah setelah puasa. Takjil juga dapat memperbaiki kerja organ-organ tubuh setelah berpuasa. Selain itu, dengan mengonsumsi takjil saat berbuka, Anda dapat menahan lapar saat menantang waktu berbuka.

2. Berapa kalori yang terdapat dalam takjil?
Jumlah kalori dalam takjil bervariasi. Beberapa takjil memiliki kalori yang rendah, sementara yang lain memiliki kalori yang tinggi. Namun, jangan khawatir karena takjil biasanya dikonsumsi dalam jumlah yang sedikit sehingga jumlah kalorinya tidak terlalu tinggi.

3. Apa saja takjil yang rendah kalori?
Beberapa takjil yang rendah kalori termasuk dadar gulung, es buah, serta buah-buahan segar.

4. Apa saja bahan-bahan yang wajib ada untuk membuat takjil?
Bahan-bahan yang wajib ada untuk membuat takjil adalah bahan pengisi seperti buah-buahan atau biji-bijian, es batu, serta bahan untuk membuat saus atau kuah seperti santan dan gula merah.

5. Dimana bisa membeli takjil?
Takjil bisa dibeli di pasar tradisional, supermarket, dan kedai makanan khas Indonesia. Namun, Anda juga dapat membuatnya di rumah dengan bahan yang mudah didapat di pasar tradisional.

Cek Artikel Ini Sis..

Perbandingan Lengkap Smartphone Terbaru 2024: Fitur, Performa, dan Harga

Perbandingan Lengkap Smartphone Terbaru 2024: Fitur, Performa, dan Harga Pendahuluan Tahun 2024 telah tiba, dan …