Saturday, March 2, 2024
Home / Rumah Tangga / 10 Resep Masakan Simple untuk Menu Sehari-Hari

10 Resep Masakan Simple untuk Menu Sehari-Hari

Satu hal yang pasti, kegiatan memasak di rumah menjadi suatu hal yang menarik bagi banyak orang, apalagi jika kita bisa memasak dengan cepat dan mudah. Namun sayangnya, seringkali kita terjebak dalam rutinitas memasak yang itu-itu saja. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, kali ini kami akan memberikan 10 resep masakan sederhana yang bisa dijadikan sebagai menu sehari-hari.

1. Nasi Goreng

Rebus nasi dan dinginkan. Setelah itu, tumis bawang putih, bawang merah, dan cabai hijau hingga harum. Masukkan telur dan aduk hingga telur matang. Tambahkan nasi, saus tiram, garam, dan kecap manis secukupnya. Aduk rata dan tambahkan irisan daun bawang. Nasi goreng siap disajikan.

2. Gado-gado

Siapkan sayuran mentah, seperti kacang panjang, kol, tauge, ketimun, dan tahu goreng. Campurkan bumbu gado-gado, seperti kacang tanah, gula merah, air asam jawa, garam, dan petis. Haluskan dengan blender atau ulekan. Setelah itu, siramkan bumbu ke atas sayuran dan taburi dengan kerupuk.

3. Tumis Sayuran

Potong sayuran, seperti brokoli, wortel, dan kembang kol. Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum. Masukkan sayuran dan tambahkan saus tiram, garam, dan merica secukupnya. Aduk rata dan tumis hingga sayuran matang.

4. Ayam Goreng

Taburkan garam dan merica pada potongan ayam. Diamkan kurang lebih 10 menit. Goreng ayam hingga matang dan kecokelatan. Angkat dan tiriskan. Ayam goreng siap disajikan.

5. Steak Daging

Balurkan daging sapi yang sudah dipotong dengan garam dan merica secukupnya. Panaskan minyak di atas wajan anti lengket. Letakkan potongan daging dan panggang selama 2-3 menit hingga kecokelatan. Balikkan dan panggang selama 2-3 menit lagi.

6. Sup Sayuran

Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum. Masukkan sayuran, seperti wortel, kentang, dan buncis. Tambahkan air dan rebus hingga sayuran matang. Terakhir, tambahkan garam dan merica secukupnya.

7. Mie Goreng

Rebus mie dan tiriskan. Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum. Masukkan telur dan aduk hingga matang. Tambahkan mie, kecap manis, saus tiram, garam, dan merica secukupnya. Aduk rata dan jangan lupa tambahkan irisan daun bawang.

8. Telur Dadar

Kocok 2 butir telur dengan sedikit garam dan merica. Panaskan minyak di atas wajan anti lengket. Tuang adonan telur dan panggang hingga matang.

9. Pepes Ikan

Potong ikan menjadi beberapa bagian. Tumbuk bumbu, seperti bawang putih, bawang merah, cabai, garam, dan gula merah hingga halus. Campurkan bumbu dengan irisan daun jeruk dan serai. Kemudian, bungkus dengan daun pisang dan kukus selama kurang lebih 30 menit.

10. Sayur Asem

Rebus daging sapi hingga empuk. Tumis bawang putih, bawang merah, dan cabai hingga harum. Masukkan sayuran, seperti kacang panjang, kol, dan jagung. Tuangi air dan masukkan asam jawa, garam, dan gula merah secukupnya. Masak hingga sayuran matang dan kuah terlihat keruh.

FAQs

Q: Apakah saya bisa mengganti bahan-bahan yang tidak suka dalam resep tersebut?
A: Ya, tentu saja. Anda bisa mengganti atau menambahkan dengan bahan lain sesuai selera.

Q: Apakah resep tersebut cocok untuk pemula?
A: Ya, resep tersebut sangat cocok bagi pemula yang baru belajar memasak.

Q: Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memasak resep tersebut?
A: Waktu yang dibutuhkan bervariasi, namun rata-rata kurang lebih 30-40 menit.

Q: Apakah resep tersebut sehat?
A: Sebagian besar resep tersebut adalah makanan yang sehat, seperti sayuran dan ikan. Namun, pastikan untuk mengatur porsi dan jumlah garam yang digunakan.

Q: Apakah bahan-bahan tersebut mudah didapat di pasar?
A: Iya, bahan-bahan tersebut sangat mudah didapat di pasar atau minimarket terdekat.

Cek Artikel Ini Sis..

Kue Kering Lucu Imut, Jajanan yang Menggugah Selera

Kue Kering Lucu Imut, Jajanan yang Menggugah Selera Kue kering lucu imut menjadi salah satu …