Sunday, June 11, 2023
Home / Rumah Tangga / Kreasi Takjil yang Lezat dan Mudah Dibuat di Rumah

Kreasi Takjil yang Lezat dan Mudah Dibuat di Rumah

Kreasi Takjil yang Lezat dan Mudah Dibuat di Rumah

Takjil merupakan makanan kecil atau minuman yang dikonsumsi saat berbuka puasa. Biasanya takjil terdiri dari buah-buahan, minuman buah, es serut, bubur sumsum, kolak, dan masih banyak lagi. Namun, bagi Anda yang ingin mencoba membuat takjil sendiri di rumah, kali ini kami akan memberikan beberapa ide dan resep kreasi takjil yang lezat dan mudah dibuat.

1. Es Jeruk Peras Kelapa Muda

Siapa yang tidak suka dengan jeruk peras dan kelapa muda? Kombinasi kedua bahan ini akan menciptakan takjil yang segar dan lezat. Caranya pun mudah, cukup peras jeruk dan campur dengan air kelapa muda. Kemudian tambahkan gula pasir secukupnya dan beri es batu.

2. Puding Cokelat Oreo

Puding cokelat oreo merupakan takjil yang sangat digemari karena rasanya yang manis dan enak. Untuk membuatnya, siapkan puding cokelat yang telah diolah sesuai petunjuk kemasan. Kemudian hancurkan beberapa biskuit oreo dan campurkan dengan puding cokelat tersebut. Letakkan di dalam gelas atau mangkuk dan biarkan dingin di kulkas selama beberapa jam. Siap disajikan.

3. Es Buah

Es buah adalah takjil yang sudah sangat dikenal sejak dulu. Tidak hanya lezat, es buah juga sangat segar dan cocok dikonsumsi saat berbuka puasa. Siapkan buah-buahan yang dikupas dan potong kecil-kecil seperti jeruk, pepaya, nanas, apel, dan kiwi. Campurkan dengan air gula dan sirup cocopandan. Tambahkan es batu sebagai pengganti es serut.

4. Jus Alpukat

Jus alpukat menjadi salah satu minuman yang disukai karena rasanya yang lezat dan menyegarkan. Untuk membuat jus alpukat, siapkan 2 buah alpukat dan 2 sendok makan gula pasir. Kemudian blender alpukat dengan gula dan tambahkan sedikit susu cair. Tambahkan es batu dan jus alpukat siap dinikmati.

5. Es Krim Goreng

Ingin mencoba takjil yang berbeda? Cobalah membuat es krim goreng. Caranya cukup mudah, cukup siapkan es krim vanilla, telur, tepung roti, dan minyak goreng. Pertama-tama, gulingkan bola es krim dalam tepung roti. Kemudian celupkan dalam kocokan telur dan gulingkan lagi dalam tepung roti. Terakhir, goreng dalam minyak panas hingga berwarna kuning kecoklatan. Sajikan es krim goreng bersama topping seperti saus cokelat atau kacang tanah.

6. Tape Ketan Ijo

Tape ketan ijo adalah takjil khas Indonesia yang berasal dari daerah Sumatera. Memasak tape ketan ijo tidaklah sulit. Siapkan ketan hitam secukupnya dan celupkan ke dalam air selama 1 hari atau lebih. Setelah itu, tiriskan ketan dan campurkan dengan ragi ketan dan air kelapa. Tunggu selama beberapa jam hingga ketan menyerap air kelapa dan ragi. Kemudian kukus ketan selama 1 jam hingga matang dan lembut. Sajikan dengan daun pandan dan gula kelapa.

7. Es Cendol

Takjil terakhir yang sering kita jumpai di Indonesia adalah es cendol. Es cendol terdiri dari tepung ketan yang disaring hingga halus, gula merah cair, santan, dan es batu. Tepung ketan dicampur dengan air hingga adonan licin dan mengental. Kemudian dimasukkan ke dalam alat saringan cendol dan dipotong-potong sesuai dengan selera. Sajikan cendol dalam mangkuk atau gelas dengan gula merah cair, santan, dan es batu.

FAQs

1. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat takjil?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat takjil tergantung pada jenis takjil yang akan dibuat. Ada takjil yang cukup cepat dipersiapkan seperti es buah atau jus alpukat, tetapi ada juga takjil yang memerlukan waktu yang lebih lama seperti tape ketan ijo.

2. Apa bahan yang bisa diganti dalam membuat takjil?

Beberapa bahan takjil bisa diganti dengan bahan yang lain sesuai dengan selera, misalnya air kelapa bisa diganti dengan air soda, gula kelapa bisa diganti dengan gula pasir biasa, atau cendol bisa dimodifikasi dengan menambahkan buah-buahan seperti stroberi atau kiwi.

3. Apakah semua takjil cocok dikonsumsi saat berbuka puasa?

Takjil sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah yang sesuai dan tidak berlebihan. Ada juga beberapa jenis takjil yang mungkin kurang cocok dikonsumsi saat berbuka puasa karena kadar gula yang tinggi seperti es krim goreng atau puding oreo. Lebih baik memilih takjil yang sehat dan segar seperti es buah atau jus alpukat.

4. Bagaimana cara menyimpan takjil agar tetap segar?

Takjil yang telah selesai dibuat bisa disimpan di dalam kulkas selama beberapa jam agar tetap segar dan enak. Namun, ada beberapa jenis takjil yang lebih baik langsung disajikan seperti es buah atau es cendol yang bisa cepat meleleh. Jika ingin menyimpan takjil lebih lama, sebaiknya masukkan dalam kotak tahan udara dan simpan di dalam kulkas agar tidak cepat rusak.

Cek Artikel Ini Sis..

Kue Kering Lucu Imut, Jajanan yang Menggugah Selera

Kue Kering Lucu Imut, Jajanan yang Menggugah Selera Kue kering lucu imut menjadi salah satu …