Friday, June 21, 2024
Home / Rumah Tangga / 10 Resep Lauk Pauk Sehari-hari yang Mudah dan Praktis

10 Resep Lauk Pauk Sehari-hari yang Mudah dan Praktis

Siapa yang tidak suka rumah berbau enak dengan aroma makanan yang sedap? Salah satu caranya ialah dengan memasak lauk pauk yang enak dan bergizi. Terkadang kita merasa bingung dengan bahan-bahan yang akan dipakai dan proses memasak yang ribet. Tapi jangan khawatir, saya sudah rangkum 10 resep lauk pauk sehari-hari yang mudah dan praktis di bawah ini.

1. Ayam Goreng Mentega

Ayam goreng mentega adalah salah satu hidangan yang populer dan selalu disukai semua orang. Selain mudah dibuat, bahan yang diperlukan juga sederhana dan mudah didapat. Untuk membuatnya, kamu hanya perlu menggoreng ayam yang sudah dibumbui hingga kecokelatan, lalu tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum. Setelah itu, masukkan sedikit saus tiram, mentega, gula pasir, garam, merica, dan susu cair lalu aduk rata. Setelah saus sudah merata, masukkan ayam goreng ke dalamnya dan aduk hingga meresap.

2. Tumis Sayur Campur

Tumis sayur campur merupakan hidangan yang paling mudah dan murah meriah. Yang di perlukan untuk membuat hidangan ini hanyalah sayuran-sayuran favorit kamu seperti wortel, kembang kol, brokoli, sawi, kacang polong atau jamur. Tumis sayur dengan bawang putih dan minyak sayur sampai layu, tambahkan air secukupnya dan bumbui dengan garam dan merica lalu aduk rata.

3. Sate Ayam

Sate ayam adalah salah satu hidangan yang tidak pernah ketinggalan dalam acara makan. Untuk membuat sate ayam kamu hanya perlu memotong daging ayam menjadi irisan kecil dan memasukannya dalam bumbu kacang. Bumbu kacang dapat dibuat dengan menumis bawang putih, kemiri, cabe dan gula merah lalu tambahkan kacang tanah yang sudah digoreng dan dihaluskan. Terakhir, haluskan bumbu tersebut dengan sedikit air lalu masukkan irisan daging ayam dalamnya. Biarkan daging meresap dalam bumbu selama beberapa menit. Lalu tusuk daging dengan tusuk sate dan panggang diatas panggangan sampai matang.

4. Oseng Terong

Oseng terong adalah hidangan khas Indonesia yang sangat lezat dan mudah dibuat. Untuk membuatnya, kamu hanya membutuhkan terong, cabe merah, bawang putih, cabe rawit dan sedikit garam. Cuci terong dan potong menjadi sesuai dengan ukuran keinginan kamu, lalu tumis bumbu dan terong dalam panci hingga matang.

5. Cah Kangkung Bawang Putih

Cah kangkung bawang putih adalah salah satu hidangan yang sangat populer dan rasanya sangat lezat. Untuk membuatnya, kamu hanya perlu mencuci kangkung, potong sesuai ukuran, lalu masak dengan bawang putih dan minyak sayur yang telah dipanaskan. Setelah kangkung layu, beri sedikit garam dan sajikan.

6. Udang Goreng Tepung

Udang goreng tepung biasanya disajikan sebagai makanan pembuka dalam acara makan ataupun sebagai camilan. Untuk membuatnya, kamu hanya perlu melumuri udang dengan tepung jagung yang telah dicampur dengan merica dan garam. Lalu goreng dalam minyak panas hingga kecoklatan dan matang.

7. Ikan Asam Manis

Ikan asam manis adalah hidangan populer dari daerah Sumatra Utara. Untuk membuatnya, kamu hanya perlu merendam ikan dalam campuran air garam, gula, air jeruk nipis, bawang putih dan bawang merah yang sudah dihaluskan. Setelah ikan direndam selama beberapa saat, tiriskan dan goreng dalam minyak yang sudah panas. Tumis bumbu asam manis dan campurkan dengan ikan goreng.

8. Ayam Kecap

Ayam kecap adalah salah satu hidangan yang paling terkenal dan banyak digemari di Indonesia. Untuk membuatnya, kamu hanya perlu menggoreng daging ayam yang sudah dibumbui hingga matang, lalu tumis bawang putih dan bawang merah dalam wajan hingga harum, tambahkan saus kecap, garam, gula dan lada hitam, aduk sampai merata, lalu masukkan ayam goreng dan aduk rata.

9. Tahu dan Tempe Goreng

Tahu dan tempe goreng biasanya disajikan sebagai lauk sederhana dalam acara makan. Untuk membuatnya, kamu hanya perlu memotong tahu dan tempe menjadi irisan, lalu gulingkan dalam tepung terigu dan goreng dalam minyak yang telah dipanaskan.

10. Sambal Goreng Ati

Sambal goreng ati adalah hidangan tradisional yang khas dari Jawa. Untuk membuatnya, kamu hanya perlu memotong hati ayam menjadi kecil dan merebusnya hingga matang. Tumis bumbu yang terdiri dari bawang putih, bawang merah, cabe, dan terasi sampai harum. Tambahkan sedikit santan, garam, dan gula merah lalu masukkan hati ayam yang sudah dimasak ke dalamnya.

FAQs

1. Apa bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat makanan ini?
Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat hidangan tersebut tergantung pada masing-masing hidangan yang dipilih. Namun, secara umum bahan yang dibutuhkan adalah daging, ikan atau sayuran, cabe, bawang putih, bawang merah, gula, garam, tepung, minyak sayur, dan saus kecap atau saus tiram.

2. Apa kunci utama untuk membuat hidangan yang nikmat?
Kunci utama dalam memasak lauk pauk adalah memilih bahan yang berkualitas dan segar, memasak dengan api sedang atau besar tergantung pada kebutuhan, membumbui dengan garam dan merica secukupnya, dan memasak dengan hati-hati agar bahan tidak gosong.

3. Apakah makanan ini cocok untuk menu santap malam?
Tentu saja! Hidangan-hidangan ini cocok disajikan untuk santap malam bersama keluarga atau teman-teman. Ada berbagai macam hidangan mulai dari yang pedas hingga yang menyegarkan.

4. Apakah bisa hidangan ini disimpan dalam lemari es?
Beberapa hidangan dapat disimpan dalam lemari es seperti tumis sayur campur, sate ayam atau oseng terong. Namun, hidangan seperti ayam goreng mentega, udang goreng tepung dan tahu tempe goreng sebaiknya langsung dihidangkan setelah dimasak untuk menjaga tekstur dan kelezatannya.

5. Apa pengganti bahan-bahan yang memang tidak suka seperti cabe atau udang?
Pengganti bahan-bahan yang tidak disukai seperti cabe atau udang dapat disesuaikan dengan keinginan kamu. Misalnya, cabe dapat diganti dengan saus sambal atau garam sehingga hidangan tetap enak dan lezat. Sedangkan untuk pengganti udang, kamu bisa menggunakan daging ayam atau daging sapi sebagai gantinya.

Cek Artikel Ini Sis..

Perbandingan Lengkap Smartphone Terbaru 2024: Fitur, Performa, dan Harga

Perbandingan Lengkap Smartphone Terbaru 2024: Fitur, Performa, dan Harga Pendahuluan Tahun 2024 telah tiba, dan …