Sunday, March 3, 2024
Home / Rumah Tangga / 10 Resep Masakan Harian Sederhana untuk Pecinta Kuliner Tanah Air

10 Resep Masakan Harian Sederhana untuk Pecinta Kuliner Tanah Air

Resep Masakan Harian Sederhana untuk Pecinta Kuliner Tanah Air

Indonesia memiliki banyak ragam masakan yang kaya akan rempah-rempah dan cita rasa yang khas. Masakan yang terkenal tersebut memang tak pernah kehilangan peminat. Namun, terkadang kita ingin menyajikan menu harian yang berbeda tanpa perlu memakan waktu yang lama di dapur. Oleh karena itu, kami hadirkan 10 resep masakan harian sederhana untuk pecinta kuliner Tanah Air.

1. Ayam Goreng Mentega

Siapa yang tak suka ayam goreng? Ayam goreng mentega menjadi pilihan tepat untuk menciptakan rasa yang terbilang simpel namun sedap. Iris ayam, lalu goreng hingga matang dan kering. Tumis bawang putih hingga harum, lalu tambahkan mentega dan saus inggris yang sudah dicampur dengan sedikit air. Masukkan ayam goreng, aduk rata hingga bumbu merata. Sajikan.

2. Tumis Kangkung Terasi

Menu sayur yang satu ini cukup simpel namun cukup untuk memuaskan selera. Iris kangkung, cuci bersih. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Masukan terasi, tumis hingga matang. Masukkan kangkung, aduk hingga rata dan matang. Sajikan.

3. Sate Padang

Sate Padang menjadi menu sederhana namun kaya rasa sehingga cocok disajikan sebagai menu harian. Potong daging sapi dadu kecil-kecil. Tusuk dengan tusuk sate. Haluskan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabe kering, ketumbar, kunyit, serai, dan garam. Tumis hingga matang, lalu tambahkan santan dan daun jeruk. Masukkan daging sate, masak hingga matang. Sajikan.

4. Sayur Asem

Sayur asem jadi idola para pecinta masakan Nusantara. Persiapkan bahan seperti sayuran, kacang tanah, bawang goreng, air asam jawa, dan gula merah. Didihkan xair, masukan bumbu lalu sayuran serta kacang. Tambahkan gula merah lalu aduk hingga matang hingga semuanya meresap. Sajikan.

5. Ikan Bakar Bumbu Kuning

Ikan bakar memang jadi idaman seluruh pecinta masakan Indonesia. Salah satu pilihan ikan bakar yang bisa dihidangkan sebagai menu harian adalah ikan bumbu kuning. Cocok disajikan sebagai menu utama. Siapkan ikan, lalu haluskan kunyit, bawang putih, bawang merah, cabe merah, dan garam. Lumuri ikan dengan bahan ini lalu bakar sampai matang.

6. Sop Ayam

Sop ayam merupakan salah satu menu harian sederhana yang mudah diolah. Siapkan ayam, kentang dan wortel, rajang menjadi dadu kecil. Rebus ayam, lalu masukkan sayuran, garam, lada, dan daun bawang. Masak hingga semuanya matang sempurna. Sop ayam siap untuk disajikan.

7. Sambal Goreng Ati

Sambal goreng ati adalah menu spesial yang cukup populer di Tanah Air. Potong ati-ati lalu kukus sampai matang. Tumis bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, daun salam, dan masako lalu tambahkan air secukupnya. Masukkan ati, tunggu sampai bumbu meresap. Sajikan.

8. Nasi Goreng Ayam

Nasi goreng sudah menjadi menu standar untuk para pencinta kuliner Nusantara. Tambahkan potongan ayam pada nasi goreng yang anda buat menjadi pilihan yang ideal. Tumis bawang merah dan bawang putih, masukan nasi lalu tambahkan saus tiram, sambal, kecap manis, garam, dan merica. Tambahkan potongan ayam lalu aduk sampai rata. Sajikan.

9. Sate Lilit Bali

Sate lilit Bali menjadi menu harian yang cukup spesial. Siapkan daging ayam cincang atau ikan tuna cincang. Tambahkan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit dan cabai merah yang sudah dihaluskan. Aduk rata, lalu tusuk pada tusuk sate. Panggang sate diatas api sampai matang.

10. Tahu Tempe Goreng

Sajian ini menjadi option yang tepat bagi Anda yang ingin menyajikan menu vegetarian. Potong tahu dan tempe menjadi dadu kecil. Campur kedua bahan tersebut, tambah sedikit tepung terigu agar lebih renyah. Goreng hingga matang. Sajikan sebagai makanan pelengkap atau sebagai cemilan.

FAQs

Q. Adakah pengganti tahu dan tempe dalam resep nomor 10?
A. Bila ingin mengganti tahu dan tempe, bahan penggantinya bisa berupa jagung, ubi jalar, kacang merah atau kacang hijau.

Q. Apakah sop ayam bisa ditambahkan bahan lainnya?
A. Iya, bisa saja. Anda bisa menambahkan kentang, wortel, buncis, kacang panjang maupun sayuran lainnya yang disukai.

Q. Dapatkah saya memanfaatkan daging sapi dalam resep sate Padang?
A. Tentu saja bisa. Bahan baku sate Padang, antara lain berupa daging sapi atau daging kambing. Anda bisa memilih sesuai selera.

Q. Dapatkah saya menggunakan ikan jenis lain dalam resep ikan bakar bumbu kuning?
A. Tentu saja bisa. Anda bisa mengganti ikan dengan jenis yang disukai, seperti kakap, tuna, atau ikan tongkol.

Q. Apakah resep nomor 5 bisa digunakan untuk bahan ikan lainnya selain ikan standar?
A. Tentu saja bisa. Selain ikan standar, resep ini dapat diterapkan untuk jenis ikan lainnya seperti ikan tongkol atau ikan tuna.

Q. Adakah bahan yang harus dihindari dalam membuat sate lilit Bali?
A. Bahan yang harus dihindari adalah bahan pengental buatan seperti penyedap rasa, jika memungkinkan dalam pengolahan sate lilit Bali, pilihlah bahan pengental organik.

Dari sepuluh resep masakan harian sederhana yang diberikan di atas, semua dapat diterapkan dengan mudah. Dapatkan bahan-bahan yang diperlukan, kemudian kreasikan dengan menu resep yang telah disebutkan. Tidak perlu khawatir jika masih pemula dalam memasak, selalu ada kesempatan untuk belajar dari pengalaman dan improve kualitas masakan kita. Semoga artikel ini dapat menginspirasi Anda. Selamat mencoba!

Cek Artikel Ini Sis..

Kue Kering Lucu Imut, Jajanan yang Menggugah Selera

Kue Kering Lucu Imut, Jajanan yang Menggugah Selera Kue kering lucu imut menjadi salah satu …