Thursday, June 13, 2024
Home / Rumah Tangga / Enak dan Lezat! Resep Kue Kering Mawar Yang Mudah Dibuat

Enak dan Lezat! Resep Kue Kering Mawar Yang Mudah Dibuat

Enak dan Lezat! Resep Kue Kering Mawar Yang Mudah Dibuat

Indonesia merupakan negara yang kaya akan beragam jenis masakan, tak terkecuali kue kering. Kue kering sering dijadikan hidangan penutup untuk acara-acara spesial, misalnya Idul Fitri, Natal, dan tahun baru. Salah satu resep kue kering yang bisa menjadi pilihan adalah resep kue kering mawar. Di sini, kami akan membahas resep kue kering mawar yang mudah dibuat dan pastinya lezat.

Bahan dan Alat yang Diperlukan
– 250 gram tepung terigu
– 50 gram tepung maizena
– 75 gram gula halus
– 200 gram mentega/susu krim
– 1 butir kuning telur
– 1/2 sendok teh perasa mawar
– 1/4 sendok teh garam
– Pewarna makanan merah/kuning

Prosedur Pembuatan

1. Siapkan wadah dan campurkan terigu, maizena, gula halus, dan garam. Aduk hingga tercampur rata. Sisihkan.

2. Kocok mentega/susu krim hingga lembut, lalu masukkan kuning telur. Kocok hingga tercampur rata.

3. Tambahkan perasa mawar ke dalam adonan mentega/susu krim, lalu aduk hingga merata.

4. Campurkan adonan tepung ke dalam adonan mentega/susu krim sedikit-sedikit. Uleni hingga adonan tidak lengket di tangan.

5. Pisahkan adonan menjadi dua bagian, satu bagian diberi pewarna merah dan satu bagian diberi pewarna kuning. Uleni kembali hingga warna merata.

6. Ambil sedikit adonan merah dan satukan dengan adonan kuning. Gulingkan adonan menjadi bentuk bola dan hancurkan sedikit di atas meja. Bentuk adonan menjadi bulat seperti jempol, lalu pangkas bagian bawahnya mejadi segitiga.

7. Taruh adonan di atas loyang yang sudah diberi alas kertas roti atau silpat. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan pada suhu 160 derajat celcius selama 20-25 menit.

8. Setelah matang, angkat kue kering mawar dari loyang dan diamkan hingga dingin.

Pro Tips

1. Pastikan mentega/susu krim yang digunakan berada pada suhu ruangan. Mentega/susu krim yang terlalu lembek atau terlalu keras akan mempengaruhi kualitas adonan.

2. Jangan sampai adonan terlalu lengket atau terlalu kering. Jika terlalu lengket, tambahkan tepung terigu agar tidak lengket di tangan. Jika terlalu kering, tambahkan mentega/susu krim sedikit-sedikit hingga tercampur rata.

3. Untuk pewarna makanan, gunakan pewarna makanan yang berkualitas dan tidak mudah pudar. Pewarna makanan yang baik tidak akan mempengaruhi rasa kue kering.

4. Jangan menggoreng kue kering mawar. Kue kering mawar harus dipanggang dengan suhu dan durasi yang sesuai agar tidak gosong.

5. Diamkan kue kering mawar hingga dingin sebelum disajikan. Kue kering yang masih panas berisiko mudah patah dan tidak kering.

Cek Artikel Ini Sis..

Perbandingan Lengkap Smartphone Terbaru 2024: Fitur, Performa, dan Harga

Perbandingan Lengkap Smartphone Terbaru 2024: Fitur, Performa, dan Harga Pendahuluan Tahun 2024 telah tiba, dan …