Thursday, June 13, 2024
Home / Rumah Tangga / 10 Resep Masakan Simple dan Murah untuk Keluarga

10 Resep Masakan Simple dan Murah untuk Keluarga

Makanan merupakan kebutuhan pokok bagi setiap orang. Salah satu yang paling sering kita inginkan adalah makanan yang lezat dan bergizi. Namun, memasak makanan yang sehat kadang-kadang memerlukan waktu dan biaya yang banyak. Untungnya, ada beberapa resep masakan yang sangat sederhana dan murah yang dapat disiapkan untuk keluarga. Berikut ini adalah 10 resep masakan sederhana dan murah untuk keluarga.

1. Nasi Goreng

Nasi goreng adalah salah satu makanan yang sangat mudah dan murah untuk disiapkan. Anda hanya memerlukan nasi, minyak goreng, bawang putih, kecap manis, dan sedikit garam. Anda juga dapat menambahkan bahan-bahan lain seperti sayuran atau seafood. Untuk membuat nasi goreng yang lebih enak, gunakan nasi yang sudah dingin semalam dan masak dengan api yang besar. Cara ini akan membantu nasi goreng matang dengan sempurna.

2. Mie Goreng

Mie goreng juga merupakan salah satu makanan yang paling mudah dan murah untuk disiapkan. Anda hanya perlu mie instan, minyak goreng, bawang putih, kecap manis, dan sedikit garam. Anda juga dapat menambahkan sayuran atau daging ke dalam mie goreng. Untuk membuat mie goreng yang lebih lezat dan sehat, gunakan bumbu mie yang rendah natrium dan tambahkan sayuran hijau.

3. Ayam Goreng

Ayam goreng adalah makanan yang sangat populer di seluruh dunia. Untuk membuat ayam goreng yang sehat dan lezat, Anda perlu memilih bagian ayam yang tidak memiliki lemak berlebih dan sangat enak jika menggunakan daging ayam tanpa kulit. Masak ayam hingga matang dengan minyak goreng. Anda juga dapat menambahkan rempah-rempah untuk rasa yang lebih enak.

4. Sup Ayam

Sup ayam juga merupakan salah satu makanan yang sangat sederhana dan murah untuk disiapkan. Anda perlu mempersiapkan ayam, bawang putih, bawang bombay, daun bawang, wortel, dan kentang. Seduh ayam dengan air dingin dan didihkan ayam dalam air mendidih selama sekitar 30 menit. Kemudian, tambahkan bawang bombay, bawang putih, dan sayuran lain. Masak hingga matang, dan sup ayam siap dinikmati.

5. Sayur Asem

Sayur asem adalah salah satu makanan khas Indonesia yang seringkali disajikan sebagai hidangan sampingan atau pelengkap makanan utama. Untuk membuat sayur asem, rebus air dengan daun salam, serai, dan asam jawa hingga aroma harum. Kemudian, tambahkan wortel, kacang panjang, labu siam, dan jagung. Masak hingga sayur lunak dan tambahkan garam secukupnya.

6. Sop Iga

Sop iga adalah makanan yang sangat enak dan sederhana untuk dipersiapkan. Anda perlu memilih iga sapi, bawang putih, bawang bombay, wortel, kentang, seledri, dan daun bawang. Masak iga sapi dalam air mendidih hingga empuk. Kemudian, tambahkan sayuran dan masak hingga matang.

7. Sayur Lodeh

Sayur lodeh merupakan makanan Indonesia yang sangat populer dan mudah dipersiapkan. Anda perlu mempersiapkan bahan-bahan seperti santan, bawang putih, cabai, sayur-sayuran seperti wortel, kentang, kacang panjang, daun singkong, dan daun melinjo. Masukkan santan ke dalam wajan dan tambahkan bumbu-bumbu. Kemudian, masukkan sayuran dan masak hingga lunak.

8. Tahu Goreng

Tahu goreng adalah makanan yang sangat sederhana dan murah untuk disiapkan. Anda perlu membeli tahu dari toko, iris tipis, dan goreng dalam wajan berisi minyak goreng hingga kuning kecoklatan. Anda juga dapat menambahkan kecap manis ke dalam tahu goreng untuk rasa yang lebih lezat.

9. Telur Dadar

Telur dadar juga merupakan salah satu makanan yang sangat sederhana dan murah. Anda hanya perlu mempersiapkan bahan-bahan seperti telur, bawang putih, dan sedikit garam. Kocok telur dengan garam dan bawang putih. Kemudian, telur dadar siap dimasak dalam wajan dengan sedikit minyak goreng.

10. Sambal Goreng Kentang

Sambal goreng kentang adalah makanan yang sangat enak dan mudah dipersiapkan. Anda perlu mengupas kentang dan potong menjadi bentuk yang diinginkan. Kemudian goreng kentang hingga matang dalam minyak panas. Tambahkan bawang putih, bawang merah, dan cabai ke dalam wajan. Kemudian, masukkan santan ke dalam wajan dan masak hingga kuah sedikit mengental.

Dengan memasak resep masakan sederhana dan murah, Anda dapat menikmati hidangan yang lezat tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya. Sekarang telah banyak jenis masakan yang mudah dibuat dan tentunya bergizi untuk dikonsumsi. Dan jika ingin selalu memperoleh kualitas masakan yang terbaik, maka berikut ada beberapa tips tambahan dari kami.

Pro tips:

1. Persiapkan semua bahan yang diperlukan sebelum mulai memasak.

2. Pastikan Anda mengikuti instruksi resep dengan benar.

3. Jangan memanaskan minyak terlalu panas. Minyak yang terlalu panas akan membuat makanan cepat gosong.

4. Dapatkan bahan-bahan segar ketika memasak makanan agar lebih lezat.

5. Jangan takut untuk bereksperimen dengan bumbu yang berbeda untuk rasa yang lebih enak.

6. Pastikan Anda mencuci bahan-bahan dan peralatan sebelum dan setelah memasak.

7. Simpan sisa makanan dalam lemari es untuk menjaganya agar tetap segar.

Dengan menerapkan tips tersebut, Anda akan dapat memasak masakan yang sehat, lezat, dan murah untuk keluarga. Selamat mencoba dan selamat menikmati hasil masakan Anda!

Cek Artikel Ini Sis..

Perbandingan Lengkap Smartphone Terbaru 2024: Fitur, Performa, dan Harga

Perbandingan Lengkap Smartphone Terbaru 2024: Fitur, Performa, dan Harga Pendahuluan Tahun 2024 telah tiba, dan …