Thursday, June 13, 2024
Home / Rumah Tangga / 10 Resep Masakan Rumahan Harian Yang Mudah dan Cepat

10 Resep Masakan Rumahan Harian Yang Mudah dan Cepat

Resep Masakan Rumahan Harian Yang Mudah dan Cepat

Sering kali kita ingin menghidangkan masakan yang enak dan sehat, namun waktu dan tenaga sering menjadi kendala. Masakan rumahan harian yang mudah dan cepat adalah solusi yang tepat untuk mengatasi kendala itu. Dalam artikel ini, saya akan membagikan sepuluh resep masakan rumahan harian yang mudah dan cepat, tanpa mengorbankan rasa dan nutrisi.

1. Nasi Goreng
Nasi goreng adalah salah satu makanan yang paling populer di Indonesia. Memasak nasi goreng tidaklah sulit dan cepat. Siapkan bahan seperti nasi, telur, bawang putih, bawang merah, saus, dan garam secukupnya. Tumis bawang putih dan bawang merah lalu tambahkan telur dan nasi. Aduk rata dan tambahkan saus. Nasi goreng siap untuk disajikan.

2. Capcay
Capcay merupakan sayuran yang direbus dan dicampur dengan bumbu-bumbu seperti saus tiram dan kecap. Kita dapat menambahkan daging ayam atau udang jika ingin menambahkan protein. Potong semua sayuran yang diinginkan seperti wortel, kembang kol, buncis, sawi, tauge hingga kecil. Rebus semua sayuran dan tambahkan protein jika diinginkan. Tambahkan saus tiram dan kecap, aduk rata, capcay siap dihidangkan.

3. Sayur Lodeh
Sayur lodeh adalah makanan asli Indonesia yang mirip dengan capcay, tetapi sausnya berbeda. Kita menggunakan santan sebagai bahan utama untuk membuat sausnya. Siapkan bahan seperti buncis, wortel, labu siam, tahu, tempe, santan, dan bumbu-bumbu seperti bawang putih, kunyit, jahe, dan lengkuas. Tumis semua bumbu, kemudian masukkan sayuran, dan santan. Memasak hingga sayuran empuk dan saus kental.

4. Omelet
Omelet adalah makanan yang lezat dan mudah dibuat. Kita hanya perlu telur, keju, dan sedikit bawang bombay. Pecahkan telur ke dalam mangkuk, tambahkan keju dan bawang bombay, aduk semua bahan hingga rata. Panaskan minyak di panci, kemudian tuangkan adonan telur. Bila siap, putar omelet agar matang merata.

5. Ayam Goreng
Ayam goreng adalah masakan yang dijuluki sebagai makanan wajib saat acara keluarga besar. Persiapkan daging ayam, tepung terigu, tepung maizena, telur, dan bumbu-bumbu seperti ketumbar, garam, dan lada. Kerat-kerat daging ayam dan tambahkan bumbu-bumbu lainnya. Campur tepung terigu dan tepung maizena. Celupkan ayam dalam tepung dan goreng dengan minyak yang sudah dipanaskan sebelumnya.

6. Sop
Sop adalah masakan dengan kaldu yang gurih dan sayuran yang lezat. Siapkan bahan seperti daging sapi atau ayam, wortel, kentang, daun seledri, dan bawang bombay. Tumis bawang bombay terlebih dahulu, lalu masukkan daging yang sudah dipotong-potong. Setelah daging matang, masukkan sayuran. Tambahkan kaldu dan masak hingga semua bahan matang.

7. Ikan Bakar
Ikan bakar adalah masakan laut yang nikmat. Potong ikan sesuai dengan ukuran yang kita inginkan. Campurkan bumbu-bumbu seperti kunyit, jahe, dan bawang putih dalam satu mangkuk. Kemudian lumuri ikan dengan bumbu tersebut dan diamkan selama beberapa menit. Bakar ikan menggunakan panggangan atau juga dapat digoreng.

8. Sate
Sate adalah jenis makanan yang sangat mudah dibuat dan disukai oleh banyak orang. Siapkan bahan seperti daging ayam atau sapi, tusuk sate, bumbu-bumbu seperti bawang putih, ketumbar, dan kunyit, serta bahan baku lainnya seperti kecap dan saus kacang. Potong daging sesuai ukuran yang kita inginkan dan tumbuk semua bumbu hingga halus. Tusuk daging ke tusuk sate, kemudian panggang dengan menggunakan oven atau panggangan.

9. Mie Goreng
Mie goreng adalah salah satu masakan indonesia yang paling populer. Cukup siapkan mie instan atau mie rebus, bawang putih, bawang merah, bumbu-bumbu seperti saus tiram, saus tomat, kecap manis, dan kecap asin. Tumis bawang putih dan bawang merah, kemudian masukkan mie dan bumbu-bumbu yang telah dicampurkan. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.

10. Bakso
Bakso adalah bola daging sapi yang dicampur dengan tepung tapioka dan dimasak dalam kuah kaldu sapi. Anda dapat membeli bakso yang sudah jadi, atau membuatnya sendiri. Siapkan bahan seperti daging sapi, tepung tapioka, garam, lada, dan bawang putih halus. Didihkan air dalam panci dan masukkan bakso hingga matang.

Pro tips
– Sayuran segar lebih enak dan baik untuk kesehatan, sehingga lebih baik jika membeli sayuran langsung dari petani atau mencoba membeli di pasar tradisional yang masih menjual sayuran segar.
– Memasak daging tidak perlu terlalu lama agar tidak menghilangkan nutrisi serta bisa mengurangi waktu memasak.
– Untuk mempercepat proses memasak, kita bisa menggunakan panci bertekanan atau multicooker.
– Menggunakan rempah-rempah segar seperti jahe, bawang putih, dan kunyit akan memberi cita rasa yang lebih kuat.
– Sebelum memasak pastikan semua bahan baku sudah siap ketika kita mulai memasak.

Kesimpulan
Itulah sepuluh resep masakan rumahan harian yang mudah dan cepat yang bisa disajikan untuk keluarga anda. Menggunakan pro tips yang tepat dapat mempermudah proses memasak dan memberikan cita rasa yang lebih nikmat. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Cek Artikel Ini Sis..

Perbandingan Lengkap Smartphone Terbaru 2024: Fitur, Performa, dan Harga

Perbandingan Lengkap Smartphone Terbaru 2024: Fitur, Performa, dan Harga Pendahuluan Tahun 2024 telah tiba, dan …