Thursday, June 13, 2024
Home / Rumah Tangga / 10 Resep Masakan Oriental yang Mudah dan Lezat untuk Anda Coba

10 Resep Masakan Oriental yang Mudah dan Lezat untuk Anda Coba

Resep Masakan Oriental yang Mudah dan Lezat untuk Anda Coba

Masakan oriental atau masakan Asia Timur sangat terkenal dengan rasa yang lezat dan bumbu rempah yang kaya. Berbagai negara seperti China, Jepang, Korea, dan Thailand telah menghasilkan berbagai hidangan yang otentik. Namun, kebanyakan dari kita merasa terintimidasi dengan resep masakan Asia Timur yang rumit dan berkala. Tapi tidak lagi! Berikut adalah 10 resep masakan oriental yang mudah dan lezat yang dapat dipraktikkan di rumah:

1. Ramen Ayam

Ramen Ayam adalah hidangan sup mie dari Jepang yang terdiri dari mie halus, irisan ayam, kucai, wakame, dan telur. Untuk membuat Ramen Ayam, rebus mie hingga matang. Kemudian, panggang irisan ayam dengan sedikit minyak dan kecap manis hingga matang. Siram kaldu ayam yang telah direbus pada mangkuk dan letakkan mie yang sudah matang di atasnya. Tambahkan irisan ayam panggang, kucai, wakame, dan telur rebus. Sajikan dengan sayuran hijau dan semangkuk kaldu ayam.

2. Mie Goreng

Mie Goreng adalah hidangan mie lezat yang dapat ditemukan di banyak negara Asia Timur. Untuk membuatnya, rebus mie telur hingga matang dan tiriskan. Iris bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan paprika kecil serta tambahkan udang ke dalamnya. Tumis bahan-bahan tersebut dengan sedikit minyak wijen hingga matang. Tambahkan kecap manis dan kecap asin di atas mie rebus dan aduk rata. Sajikan dengan sedikit potongan tomat dan seledri di atasnya.

3. Chicken Teriyaki

Chicken Teriyaki adalah hidangan ayam panggang yang lazat dan mudah dibuat. Panggang dada ayam dalam wajan hingga matang. Setelah itu, terapkan lemak ayam dalam satu wadah dan tambahkan setengah cangkir kecap manis, setengah cangkir mirin, dan setengah cangkir sake. Tumis bumbu-bumbu tersebut dalam satu wajan dan masukkan ayam yang telah matang ke dalamnya. Masak selama 10 menit hingga bumbu meresap ke dalam dagingnya. Sajikan dengan nasi dan sayuran hijau di atasnya.

4. Fried Rice

Fried Rice adalah hidangan nasi goreng klasik dari Tiongkok. Untuk membuatnya, tumis bawang merah, bawang putih dan udang dalam satu wajan dengan sedikit minyak wijen. Setelah itu, tambahkan nasi putih rebus ke dalam wajan dan aduk rata dengan bahan-bahan yang sudah di tumis. Tambahkan sedikit kecap manis, garam, dan gula untuk rasa yang lebih sedap. Sajikan dengan telur mata sapi dan kol goreng di atasnya.

5. Kimchi Fried Rice

Kimchi Fried Rice adalah versi Korea dari Fried Rice. Untuk membuatnya, tumble sliced ??kimchi, bawang merah, bawang putih, dan daging babi dalam satu wajan dengan sedikit minyak wijen. Setelah itu, tambahkan nasi putih rebus ke dalam wajan dan aduk rata dengan bahan-bahan yang sudah di tumis. Tambahkan kecap manis dan kecap asin, dan telur. Sajikan dengan sayuran hijau dan potongan nori.

6. Pad Thai

Pad Thai adalah hidangan mi khas Thailand yang terdiri dari mi kering, udang, tauge, kacang dan telur. Untuk membuat Pad Thai, tumis bawang merah dan bawang putih dalam satu wajan dengan sedikit minyak wijen. Setelah itu, tambahkan udang dan goreng selama 1-2 menit. Tambahkan sisa bahan-bahan seperti tauge, mi kering, telur, dan kacang dalam satu wajan dan aduk rata. Tuangkan sedikit kecap manis dan kecap ikan di atasnya. Sajikan dengan sedikit potongan jeruk nipis dan paprika.

7. Takoyaki

Takoyaki adalah bola-bola mi khas Jepang yang dipanggang dengan irisan octopus di dalamnya. Untuk membuat Takoyaki, campurkan tepung, telur dan calon ri. Setelah itu, tambahkan irisan octopus dan bawang daun. Panaskan cetakan Takoyaki dan tuangkan adonan. Setelah itu, balik Takoyaki agar matang secara merata. Sajikan dengan saus Takoyaki dan potongan nori.

8. Shumai

Shumai adalah hidangan dim sum klasik dari Tiongkok yang terdiri dari balok daging babi yang dibungkus dengan kulit tepung. Untuk membuat Shumai, campurkan daging babi, jamur, air lada, danjahe cincang dalam satu mangkuk. Setelah itu, tempatkan kulit tepung di atas pangkalan, tambahkan campuran di atasnya, lalu rapatkan. Kukus selama 15 menit dan sajikan dengan saus khusus Shumai.

9. Gyoza

Gyoza adalah hidangan dim sum khas Jepang yang mirip dengan Shumai. Namun, untuk membuat Gyoza, Anda harus melipat kulit tepung untuk membuat bentuk setengah bulan. Isi dengan campuran daging babi, bawang daun, cabe, dan ramuan tradisional Jepang seperti miso atau sake. Panggang atau kukus dan sajikan dengan saus ponzu dan jahe.

10. Congee

Congee adalah bubur beras klasik dari Tiongkok yang banyak disukai. Untuk membuat Congee, rebus daging ayam dan tulang ayam dalam panci yang sama. Setelah itu, tambahkan beras dengan kaldu yang sudah didapatkan dan rebus hingga empuk. Tambahkan bahan-bahan seperti bawang merah, bawang putih, dan ketumbar sesuai keinginan Anda. Sajikan dengan bawang goreng dan kecap ikan.

Pro Tips:

– Pastikan Anda mengikuti petunjuk resep dengan hati-hati untuk memastikan cita rasa asli dari hidangan oriental yang Anda buat.
– Belilah bahan-bahan segar berkualitas tinggi untuk menciptakan rasanya yang otentik.
– Jangan takut untuk menyesuaikan rasa dan bahan-bahan sesuai dengan selera Anda.
– Jika Anda ingin membuat lebih banyak, pastikan Anda menggandakan jumlah bahan-bahan yang dibutuhkan.
– Jadilah sabar saat memasak – beberapa hidangan oriental membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memasak, tetapi hasil akhirnya akan sepadan.

Nah, itulah 10 Resep Masakan Oriental yang Mudah dan Lezat untuk Anda Coba. Selamat mencoba!

Cek Artikel Ini Sis..

Perbandingan Lengkap Smartphone Terbaru 2024: Fitur, Performa, dan Harga

Perbandingan Lengkap Smartphone Terbaru 2024: Fitur, Performa, dan Harga Pendahuluan Tahun 2024 telah tiba, dan …