Friday, April 12, 2024
Home / Rumah Tangga / 5 Resep Masakan Menu Diet Sehat untuk Membantu Menurunkan Berat Badan

5 Resep Masakan Menu Diet Sehat untuk Membantu Menurunkan Berat Badan

Mengatur pola makan sehat adalah kunci utama dalam menurunkan berat badan. Saat berdiet, tidak berarti kalian harus mengurangi jumlah kalori yang drastis, tetapi lebih memilih makanan yang sehat dan bergizi. Oleh karena itu, kami akan membagikan 5 resep masakan menu diet sehat yang dapat membantu kamu menurunkan berat badan.

1. Nasi Merah Salad Buah

Nasi merah termasuk salah satu sumber karbohidrat yang sehat bagi tubuh dan cocok untuk dikonsumsi saat diet. Padukan nasi merah dengan beberapa jenis buah yang seratnya tinggi seperti kiwi, apel, dan pisang. Untuk membuat dressing, campurkan yogurt rendah lemak dengan madu dan jeruk nipis. Tambahkan irisan ayam fillet panggang atau ikan salmon sebagai sumber protein. Salad ini akan memberikan nutrisi yang cukup dan kenyang lebih lama.

2. Sop Sayuran

Sop sayuran adalah pilihan yang tepat bagi kamu yang sedang mencari menu makanan rendah kalori namun tetap memuaskan perut. Untuk membuatnya, rebus kaldu ayam tanpa lemak dan tambahkan sayuran seperti brokoli, wortel, dan kacang hijau. Kamu juga bisa menambahkan jamur, tomat, dan bawang putih untuk aroma dan rasa yang lebih menyegarkan. Sajikan sop sayuran panas dengan sepiring nasi merah untuk membuat makananmu lebih lengkap.

3. Tumis Kangkung Tahu Tempe

Kangkung adalah sayuran yang mengandung banyak serat dan cocok dikonsumsi saat diet. Untuk membuatnya menjadi menu yang lebih bergizi, jangan lupa untuk menambahkan tempe dan tahu. Potong tahu dan tempe tipis, lalu tumis dengan minyak zaitun. Tambahkan kangkung, irisan bawang putih, dan saus tiram rendah garam. Kamu bisa menyajikan tumis kangkung tahu tempe panas dengan nasi merah atau mie soba.

4. Salmon Panggang dengan Sayur

Ikan salmon mengandung banyak omega 3 yang baik untuk kesehatan tubuh dan dapat membantu menurunkan berat badan. Panggang salmon di atas teflon selama 15 menit, tambahkan garam dan merica sesuai selera. Sajikan dengan sepiring sayuran yang direbus seperti brokoli, wortel, dan bayam. Kamu bisa menambahkan bumbu oregano, bawang putih, dan air lemon untuk rasa yang lebih segar.

5. Smoothie Buah dan Sayur

Smoothie dapat dijadikan sebagai menu sarapan atau sebagai snack yang sehat karena mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Campurkan buah seperti pisang dan stroberi dengan sayuran hijau seperti bayam atau kale. Tambahkan air atau susu almond sebagai cairan dan blend hingga halus. Kamu juga bisa menambahkan protein powder sebagai sumber protein.

Bagaimana cara memilih makanan yang sehat saat diet?

– Pilih jenis makanan yang rendah kalori seperti sayuran, buah, daging tanpa lemak, dan biji-bijian.
– Hindari makanan olahan seperti junk food, makanan cepat saji, dan soft drink.
– Konsumsi sayuran yang berbeda untuk mendapatkan nutrisi yang cukup.
– Perbanyak minum air putih untuk membantu metabolisme tubuh dan mengurangi rasa lapar.

Cek Artikel Ini Sis..

Kue Kering Lucu Imut, Jajanan yang Menggugah Selera

Kue Kering Lucu Imut, Jajanan yang Menggugah Selera Kue kering lucu imut menjadi salah satu …