Saturday, July 27, 2024
Home / Rumah Tangga / 7 Resep Masakan Sederhana yang Mudah Dibuat untuk Menu Sehari-hari

7 Resep Masakan Sederhana yang Mudah Dibuat untuk Menu Sehari-hari

Masakan rumahan tidak selalu rumit dan memakan waktu lama untuk dipersiapkan. Ada banyak resep masakan sederhana yang mudah dibuat untuk menu sehari-hari. Selain itu, memasak sendiri di rumah juga bisa menghemat biaya dan lebih sehat karena kita bisa menentukan bahan-bahan yang digunakan.

Berikut ini 7 resep masakan sederhana yang mudah dibuat untuk menu sehari-hari:

1. Nasi Goreng

Nasi goreng bisa dibilang sebagai salah satu makanan favorit banyak orang. Untuk membuat nasi goreng, hal yang perlu disiapkan adalah beras yang sudah matang, telur, bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, dan cabai, serta kecap dan garam secukupnya. Cara membuatnya pun cukup mudah, yaitu dengan menumis bumbu-bumbu hingga harum, masukkan telur, kemudian tambahkan nasi dan bumbu lainnya.

2. Sayur Asem

Sayur asem adalah salah satu masakan tradisional Indonesia yang terkenal karena rasanya yang segar dan pedas. Untuk membuatnya, bahan yang dibutuhkan antara lain kacang panjang, daun melinjo, jagung pipil, terong, kentang, bawang merah, bawang putih, dan cabai. Tambahkan gula merah, garam, dan asam jawa untuk memberi citarasa khas.

3. Sate Ayam

Sate ayam cukup mudah untuk dipersiapkan, bahkan bisa menjadi menu andalan saat acara barbeque bersama keluarga atau teman. Bahan yang diperlukan adalah daging ayam yang sudah dipotong dadu, bumbu marinasi seperti kecap manis, bawang putih, lada, dan garam. Tusuk daging ayam pada tusuk sate, panggang di atas bara api hingga matang, dan hidangkan dengan saus kacang.

4. Tumis Kangkung

Kangkung adalah sayuran hijau yang murah dan mudah ditemukan di pasar atau supermarket. Tumis kangkung cukup mudah dibuat, yaitu dengan menumis bawang, bawang putih, dan cabai hingga harum, kemudian masukkan kangkung dan tambahkan garam secukupnya. Tumis hingga kangkung layu dan matang.

5. Bakso Goreng

Bakso goreng juga bisa menjadi menu camilan yang disukai banyak orang. Untuk membuatnya, siapkan bakso yang sudah jadi atau bisa juga membuat sendiri dengan daging yang telah digiling. Campurkan bumbu-bumbu seperti bawang putih, garam, merica, dan tepung sagu. Bentuk adonan bakso menjadi bulat dan goreng hingga matang.

6. Soto Ayam

Soto ayam adalah hidangan berkuah dengan tambahan ayam, mie, dan sayuran. Untuk membuatnya, rebus ayam dengan bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, kencur, dan daun salam. Kemudian suir-suir ayam, rebus mie, dan tambahkan sayuran seperti tauge dan daun seledri. Hidangkan soto dengan irisan telur, bawang goreng, dan koya.

7. Gado-gado

Gado-gado adalah salah satu makanan khas Indonesia yang menyehatkan karena terbuat dari sayuran segar. Bahan yang dibutuhkan antara lain taoge, kentang rebus, tahu goreng, tempe goreng, dan kangkung. Tambahkan saus kacang yang telah dibuat dari kacang tanah, bawang putih, bawang merah, dan cabai. Saus kacang bisa ditambahkan sedikit air agar tidak terlalu kental.

FAQs

1. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat masakan-masakan di atas?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat masakan-masakan di atas bervariasi, tergantung dari jenis masakan dan jumlah porsi yang ingin dibuat. Biasanya, waktu yang dibutuhkan antara 30-60 menit.

2. Apakah bahan-bahan untuk membuat masakan di atas mudah didapatkan?

Ya, bahan-bahan untuk membuat masakan di atas mudah didapatkan di pasar atau supermarket terdekat.

3. Apa yang harus diperhatikan saat membuat masakan sehari-hari?

Perhatikan kebersihan dan keamanan makanan, pastikan semua bahan telah dicuci bersih. Selain itu, perhatikan juga kadar garam dan gula agar rasa tidak terlalu asin atau manis. Jangan lupa pula untuk mengurangi penggunaan bahan-bahan berlemak dan berminyak.

4. Apa manfaat memasak sendiri di rumah?

Memasak sendiri di rumah bisa menghemat biaya dan lebih sehat karena kita bisa menentukan bahan-bahan yang digunakan. Selain itu, memasak di rumah juga bisa meningkatkan kreativitas dan keahlian memasak.

Cek Artikel Ini Sis..

10 Aplikasi Fitness Terbaik untuk Meningkatkan Kebugaran Anda di Tahun 2023

10 Aplikasi Fitness Terbaik untuk Meningkatkan Kebugaran Anda di Tahun 2023 Meningkatkan kebugaran tubuh adalah …