Enak dan Mudah! 10 Resep Masakan Jawa Sederhana

Enak dan Mudah! 10 Resep Masakan Jawa Sederhana

Banyak orang yang menyukai masakan Jawa karena rasanya yang khas dan juga unik. Meskipun begitu, tidak sedikit pula yang merasa kesulitan untuk membuat makanan-makanan tersebut karena terlihat rumit dan sulit. Namun, sebenarnya terdapat banyak resep masakan Jawa sederhana yang enak dan mudah untuk dipraktikkan di rumah. Simaklah sepuluh resep masakan Jawa sederhana berikut ini!

1. Nasi Gudek

Nasi Gudek adalah masakan khas Jawa Tengah yang terkenal dengan rasanya yang gurih dan lezat. Untuk membuatnya, pertama-tama kita perlu memasak nasi dengan sedikit air dan santan hingga matang. Kemudian, campurkanlah nasi dengan daun salam, serai, lengkuas, bawang merah, bawang putih, dan juga kelapa parut yang sudah disangrai. Tambahkan sedikit garam dan ayam suwir sebagai pelengkap, dan hidangkanlah Nasi Gudek serasi dengan lauk pauk yang lain.

2. Soto Ayam

Soto Ayam adalah salah satu masakan Jawa yang paling mudah dan enak untuk dibuat. Yang kita butuhkan hanyalah potongan ayam yang sudah matang, telur rebus, bihun, dan juga kuah kaldu yang sudah disiramkan di atasnya. Bumbunya terdiri dari bawang putih, ketumbar, jahe, daun salam, dan serai yang sudah dihaluskan, lalu dicampur dengan garam dan merica. Sajikanlah Soto Ayam dengan irisan daun seledri atau bawang goreng sebagai garnish.

3. Bakwan Sayur

Bakwan Sayur adalah camilan khas Jawa yang cocok disantap kapan saja. Campuran tepung terigu, tepung beras, garam, dan air dimasukkan ke dalam adonan yang sudah dicampur dengan potongan wortel, daun bawang, dan rebung. Setelah tercampur rata, adonan di goreng sampai matang dan disajikan dengan saus kacang untuk menambah citarasa.

4. Gado-Gado

Gado-gado adalah salah satu hidangan khas Jawa yang bahan-bahannya terdiri dari campuran sayur-sayuran seperti kol, kacang panjang, kangkung, tauge, mentimun, dan juga telur rebus. Kuah kacang yang gurih dan lezat menjadi ciri khas dari makanan ini. Untuk membuat kuah kacang, campurkan bahan-bahan seperti pasta kacang, gula merah, air, daun jeruk, dan bawang putih kemudian masak sampai matang. Kemudian, rebuslah sayur-sayuran dengan air dan garam sampai matang dan hidangkan bersama dengan kuah kacang di atasnya.

5. Rendang Daging

Rendang Daging adalah makanan khas Jawa yang sangat disukai oleh banyak orang. Daging sapi yang empuk direbus bersama dengan bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, serai, daun jeruk, lengkuas, cabai, dan santan kelapa. Masaklah bahan-bahan tersebut sampai empuk dan berubah menjadi kering, kemudian tambahkan sedikit garam dan gula merah agar rasa semakin nikmat.

6. Sate Ayam

Sate Ayam adalah makanan kecil khas Jawa yang paling familiar. Potongan-potongan ayam yang sudah dibumbui dengan kecap, bawang putih, dan garam ditusukan pada batang sate bambu dan kemudian dibakar. Sajikan bersama dengan sambal kacang yang pedas dan ketupat untuk menambah cita rasa.

7. Tahu Goreng

Tahu Goreng adalah salah satu makanan sederhana yang mudah dibuat dan enak untuk dimakan. Irisan tahu digoreng sampai matang dan garing, kemudian diberi kecap manis dan saus cabai. Tahu goreng juga bisa dicampur dengan potongan kol, daun bawang, atau kacang panjang untuk menambah cita rasa.

8. Tempe Goreng

Tempe Goreng juga merupakan camilan khas Jawa yang sangat disukai. Potongan tempe digoreng sampai matang dan garing, kemudian diberi kecap manis dan saus cabai. Tempe Goreng juga bisa dicampur dengan potongan sayur, seperti wortel atau kacang panjang untuk menambah cita rasa.

9. Sayur Lodeh

Sayur Lodeh adalah hidangan berkuah yang sangat populer di Jawa. Bahan-bahan yang digunakan seperti sayur-sayuran seperti labu siam, kacang panjang, dan daun melinjo yang dimasak dengan santan. Tambahkan juga potongan tempe dan tahu goreng agar hidangan semakin nikmat.

10. Nasi Liwet

Nasi Liwet adalah hidangan nasi khas Jawa yang terbuat dari nasi yang dimasak dengan santan dan rempah seperti daun salam, serai, dan lengkuas. Sajikan bersama dengan lauk pauk seperti sate ayam atau ayam goreng kremes agar hidangan semakin lezat.

FAQs

1. Ada berapa banyak jenis makanan Jawa yang bisa dijadikan hidangan?

Tidak terbatas, makanan Jawa sangat beragam dan beraneka ragam di setiap kota di Jawa.

2. Di mana kita bisa membeli bahan-bahan dasar untuk masakan Jawa?

Anda dapat membeli bahan-bahan dasar untuk masakan Jawa di pasar tradisional atau supermarket lokal.

3. Ada resep masakan Jawa yang seharusnya dihindari serta dimakan dalam jumlah yang terbatas?

Sebaiknya dalam mengkonsumsi masakan Jawa, dihindari makanan yang terlalu pedas serta tidak dikonsumsi dalam jumlah yang terlalu banyak karena bisa menyebabkan masalah kesehatan.

4. Adakah masakan Jawa yang cocok dijadikan menu sarapan?

Banyak masakan Jawa yang dapat dijadikan menu sarapan seperti nasi liwet, soto ayam, dan nasi gudeg.